Latest News

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Lengkap

Hai sahabat Suratkan.com, melanjutkan posting sebelumnya tentang contoh surat perjanjian jual beli tanah, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat surat perjanjian jual beli lainnya yaitu surat perjanjian jual beli mobil beserta contoh surat perjanjian jual beli mobil yang baik dan memiliki bahasa sederhana tetapi jelas dan tidak bisa disalahtafsirkan. Ya, sengaja saya berikan contoh ini karena sekarang jual beli mobil bekas nampaknya semakin menjamur saja, dan dari beberapa transaksi jual beli mobil pernah saya temukan kasus penipuan karena transaksi tersebut tidak dilengkapi dengan surat perjanjian yang jelas, padahal jual beli mobil khan termasuk transaksi yang menggunakan nominal cukup besar.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Fungsi Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Mengingat jual beli mobil merupakan transaksi dengan nominal cukup besar, surat perjanjian pun menjadi wajib dibuat untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan oleh ke dua belah pihak di kemudian hari. Saya yang kebetulan bekerja di sebuah showroom mobil sering menemukan kasus jual beli mobil yang mana salah satu pihak menjadi merasa dirugikan setelah transaksi dilakukan. Kerugian tersebut misalnya seperti:
  1. Kondisi mobil yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan apa yang disampaikan saat proses tawar menawar,
  2. Pembayaran oleh pembeli menunggak dan dibayar dengan tempo yang lama,
  3. Surat-surat kendaraan yang diberikan ternyata palsu, dan
  4. (Yang paling parah) si pembeli membawa kabur mobil si penjual sebelum melunasi sisa pembayaran yang dijanjikan.

Kerugian-kerugian tersebut timbul salah satu faktornya terjadi karena transaksi tidak dilengkapi dengan surat perjanjian yang seharusnya saling menguatkan. Di sinilah fungsi surat perjanjian jual beli baru dapat dirasakan. Terkadang kita memang malas membuat hal-hal yang sifatnya administratif seperti ini. Padahal dengan meluangkan waktu sedikit saja untuk membuat surat perjanjian ini, resiko terjadinya tipu-tipu dan kekecewaan di kemudian hari dapat diminimalkan.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Sama seperti membuat surat perjanjian jual beli barang lainnya, membuat surat perjanjian jual beli mobil nyatanya cukup mudah. Sedikitnya surat jual beli mobil harus memiliki 4 unsur yaitu identitas lengkap pembeli, identitas lengkap penjual, pasal-pasal yang mengatur transaksi jual beli, serta tanda tangan dari kedua belah pihak beserta saksi.

Terkait identitas penjual dan pembeli tentu tidaklah menjadi soal asalkan dibuat sesuai dengan KTP masing-masing pihak. Begitupun dengan tanda tangan yang tentu tidak terlalu memiliki banyak aturan dalam pembubuhannya. Asalkan pembubuhan tanda tangan dilakukan di atas materai Rp. 6000,- oleh masing-masing pihak, surat tersebut pun tentunya sudah memiliki kekuatan hukum yang tetap dan bisa menjadi bukti konkrit yang dapat diajukan di meja pengadilan jika pasca transaksi jual beli mobil ditemukan masalah.

Yang menjadi soal adalah terkait dengan unsur pasal-pasal yang mengatur transaksi jual beli. Pembuatan pasal-pasal harus dibuat selengkap mungkin dan sejelas mungkin agar tidak menimbulkan multitafsir dan membuat kekuatan hukum dari contoh surat perjanjian jual beli mobil yang dibuat menjadi lemah. Pasal-pasal tersebut dibuat berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak kemudian dituliskan dalam bahasa baku dan sistem penulisan yang sistematis.

Sistem penulisan yang sistematis maksudnya, pasal-pasal pada surat perjanjian jual beli mobil haruslah dibuat secara runut dari hal yang sifatnya umum hingga ke hal-hal yang sifatnya khusus. Pada  umumnya pasal-pasal pada surat perjanjian jual beli mobil dibuat sebanyak 11 buah. Masing-masing pasal membahas tentang judul yang diangkat dalam pasal tersebut. Sebagai contoh susunannya, berikut ini 11 pasal yang biasanya saya masukan ketika membuat surat perjanjian jual beli mobil:
Pasal 1 : Masalah jenis barang
Pasal 2 : Masalah harga
Pasal 3 : Masalah cara pembayaran
Pasal 4 : Masalah jaminan
Pasal 5 : Masalah penyerahan kendaraan
Pasal 6 : Masalah status kepemilikan
Pasal 7 : Masalah sanksi
Pasal 8 : Masalah kerusakan dan kehilangan
Pasal 9  : Hal-hal lain
Pasal 10 : Masalah penyelesaian perselisihan
Pasal 11 : Penutup

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil yang Lengkap

Bagi sobat yang mungkin saat ini membutuhkan format surat perjanjian jual beli mobil secara mendadak dan tidak sempat lagi membuatnya dari awal, kami dengan penuh keikhlasan menyediakan link download contoh surat perjanjian jual beli mobil yang lengkap agar sobat tinggal mengeditnya langsung.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil
Download : Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil .doc

Sebagai tanda terimakasih, kami berharap sobat bisa me-like atau men-share tulisan ini melalui tombol jejaring sosial di bawah ini. semoga dengan me-like atau men-share tulisan ini, transaksi jual beli mobil sobat dapat berjalan tanpa hambatan. Amin.

0 Response to "Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Lengkap"